Robusta adalah jenis kopi yang bernama ilmiah Coffea canephora. Nama robusta sendiri awalnya dari kata “robust“, yang artinya kuat. Cocok dengan namanya, minuman yang dibuat dari biji kopi robusta ini mempunyai cita rasa yang strong dan cenderung lebih pahit jika dibandingkan kopi arabika.

Biji kopi robusta biasanya dipakai sebagai bahan baku untuk kopi siap saji dan sebagai campuran dari kopi racikan yang bermanaat untuk menambah cita rasa kopi. Dan selain itu, kopi robusta juga biasanya dipakai untuk membuat minuman kopi berbahan dasar susu seperti capuccino, cafe latte dan macchiato.

Biji kopi robusta diaanggap bagus dan dihargai lebih rendah dibandingkan dengan kopi arabika. Produksi kopi robusta ini telah menempati urutan kedua setelah kopi arabika. Dan Indonesia juga salah satu negara penghasil kopi robusta terbesar di dunia. Sedangkan sebagian besar perkebunan kopi yang ada di Indonesia ditanami type kopi robusta, lalu sisanya ditanami kopi liberika, arabika dan excelsa.

Kopi robusta sendiri ditemukan untuk pertama kalinya di Kongo pada tahun 1891 oleh ahli botani dari Belgia. Kopi robusta merupakan tanaman asli Afrika yag tumbuh di daerah Kongo, Sudan, Liberia, dan Uganda. Kopi robusta mulai dipasarkan secara masal pada awal abad ke-20 oleh pemerintahan kolonial Belanda yang ada di Indonesia.

Pengembangan kopi robusta berasal dari musibah wabah penyakit karat daun atau Hemileia vastatrix yang menyerang tanaman kopi. Pada tahun 1878 sebagian besar perkebunan kopi di Indonesia mati karena penyakit tersebut. Lalu kemudian kolonial Belanda mengganti kopi arabika dengan kopi liberika. Akan tetapi, di tahun 1890 kopi liberika juga mengalami penyakit yang sama.

Pada tahun 1902 datanglah jenis kopi robusta dari kebun raya Jardine yang berada di Brussel, Belgia. Dan setelah diteliti lebih lanjut, tanaman tersebut dipastikan lebih tahan terhadap penyakit karat daun. Dan pada tahun 1907 tanaman kopi liberika diganti dengan kopi robusta. Dan uaha kali ini pun berhasil, kopi robusta bisa terbukti mempunyai daya tahan lebih baik terhadap penyakit karat daun daripada kopi arabika dan liberika.

Dan sampai saat ini, perkebunan-perkebunan kopi di Indonesia didominasi dengan jenis kopi robusta. Dalam perdagangan komoditas kopi global, Indonesia merupakan penghasil kopi robusta terbesar di dunia setelah negara Vietnam dan Brasil. Sudah lebih dari 80% perkebunan kopi di Indonesia ditanami kopi robusta, lalu sekitar 17% ditanami kopi arabika, sebagian kecil lainnya ditanami kopi liberika dan excelsa.

Pohon kopi robusta ini memiliki perakaran yang dangkal sebab itu sedikit rentan dengan kekeringan. Tanaman ini memerlukan tanah yang kaya kandungan organik yang berguna untuk menopang pertumbuhannya. Dan jika kopi robusta ditanam di dataran rendah, robusta mempunyai ketahanan yang jauh lebih baik pada penyakit karat daun dibandingkan kopi arabika.

Daun kopi robusta bentuknya oval dengan ujung yang meruncing. Daun tumbuh pada batang, cabang hingga ranting. Dan pada bagian batang dan cabang daunnya tumbuh berselang seling, Dan sedangkan pada bagian ranting daunnya tumbuh pada bidang yang sama.

Dari segi ukuran, buah kopi robusta berukuran lebih kecil dibandingkan buah kopi arabika. Ketika muda kulit buah berwarna hijau dan berubah menjadi merah saat buahnya matang. Buah yang matang tetap menempel kuat di tangkainya, tidak rontok seperti buah kopi arabika.

Maka untuk mendapakan kualitas tanaman kopi yang bagus, anda harus mengetahui panduan budidaya kopi yang tepat dan menghasilkan biji yang sehat serta bagus.

Bentuk bijinya lebih membulat dan ukuran bijinya lebih kecil dari arabika. Kopi robusta tumbuh dengan baik pada ketinggian 0-900 meter di atas permukaan laut. Tapi, idealnya kopi robusta ditanam pada ketinggian 400-800 meter dari permukaan laut. Suhu rata-rata yang dibutuhkan tanaman ini sekitar 26°C dengan curah hujan 2000-3000 mm per tahunnya. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik pada tanah yang memiliki tingkat keasaman (pH) sekitar 5-6,5.

Berikut ini adalah jenis kopi robusta Indonesia yang ramai di pasaran:

1. Robusta Lampung

Kopi robusta asal Lampung yang merupakan salah satu penghasil kopi dengan rasa yang enak dan sudah terkenal dimana-mana. Memang benar, hal tersebut bukan hanya karangan belaka. Karena daerah Lampung memiliki jenis kopi robusta terbaik di Indonesia. Bahkan penjualannya pun tidak main-main. Sudah dijual di pasar internasional juga, maka tak heran kalau memang banyak sekali orang yang mencari kopi robusta yang berasal dari Lampung.

Kopi robusta Lampung ini hanya bisa ditanam di atas ketinggian sekitar 600 mdpl. Dan ditilik dari letak geografis, iklim, serta kondisi tanah yang subur membuat kopi robusta Lampung memiliki cita rasa yang berbeda ketimbang kopi robusta lainnya.

2. Robusta Dampit Malang

Jenis kopi robusta Indonesia yang satu ini unik. Karena itu Robusta Dampit Malang bisa menjadi salah satu pilihan Kamu. Jenis kopi robusta ini berasal dari Kecamatan Dampit, Malang, Jawa Timur. Daerah ini adalah kawasan yang menghasilkan jenis kopi robusta yang cukup terkenal. Keenakan dari kopi robusta daerah Dampit juga merupakan hal yang tidak perlu untuk diragukan lagi.

Kopi Robusta Dampit malang ini juga sudah terkenal hingga luar negeri. Penjualannya pun sudah sangat banyak di dataran Eropa. Bahkan banyak lho orang Eropa yang sudah menjadi penggemar dari kopi ini. Mungkin karena kopi ini memiliki rasa yang spesial atau special taste. Hal ini dikarenakan biji kopi ini ditanam atau dibudidayakan di lahan dengan ketinggian 800 mdpl dan juga tumbuh di daerah yang memiliki kontur tanah yang subur.

3. Robusta Flores

Jenis kopi robusta ini asalnya dari Flores Nusa Tenggara Barat, jenis robusta ini juga dikenal dengan taste yang Cereal, Wheat, Nutty, Good Body. Bukan hanya sekedar terkenal dengan pantai-pantainya yang eksotis saja, namun kopi robusta jenis flores ini juga lebih dikenal dengan hasil kopi robustanya yang saat ini sudah memiliki penggemar.

4. Robusta Jawa

Pulau Jawa memiliki keayaan alam yang luar biasa, salah satunya di bagian Jawa Tengah. Di Jawa memang banyak perkebunan kopi yang bisa menghasilkan biji kopi robusta yang berkualitas. Robusta Jawa Tengah memiliki karakter yang khas.

Ya Kopi Robusta terbaik yang berasal dari Jawa Tengah dikenal dengan Java Robusta atau juga lebih dikenal dengan Java Mocha. Salah satu robusta yang berasal dari Jawa paling populer adalah Temanggung.

Temanggung merupakan daerah yang berada di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki tanah yang subur. Sehingga cocok sekali untuk ditanami pohon kopi. Bagaimana cita rasa dari Robusta Jawa? Rasa kopi robusta jawa selain enak, tapi rasanya juga meliputi Sweet Tobacco, Chocolate Cake, Clean, Full Body

5. Kopi Robusta Sumatera

Tahukah Kamu? Kopi Robusta Sumatera merupakan salah satu kopi yang menjadi salah satu primadona para penikmat kopi. Karakteristik yang dimiliki kopi robusta terbaik dari Sumatera inilah yang mampu membuat kopi ini menjadi primadona. Lalu bagaimana karakteristik Kopi Sumatera? Berikut karakter atau taste notes dari Kopi Robusta Sumatera.

Karakteristik Kopi Robusta Sumatera adalah: Dark Chocolate, Nutty, Roasted Coconut, Herbs, Tingkat keasaman : tidak ada, Heavy Body

6. Kopitiam Vietnam Drip (Delta Coffee)

Penghasil Kopi Robusta Terbaik di Indonesia yang tersebar dari beberapa daerah di Jawa Tengah, salah satunya Temanggung. Di produk Kopitiam Vietnam Drip yang satu ini, Delta Coffee, meroasting biji kopi robusta secara spesial. Sehingga bisa mendapatkan cita rasa dan karakter yang khas.

Sehingga rekomendasi kopi robusta terbaik yang satu ini paling cocok digunakan untuk kopi susu. Susu tersebut menggunakan campuran susu kental manis.

Lalu bagaimana karakteristik Kopitiam Vietnam Drip dari Delta Coffee? Berikut beberapa ciri khas dari Kopitiam Vietnam Drip.: Roasted Coffee, Dark Chocolate, Buttery Body, Tingkat keasaman : tidak ada

Dan itu adalah macam-macam kopi indonesia yang terkenal dan kalau anda jual, dijamin akan laku di pasaran!