Microsoft excel adalah aplikasi spreadsheet keluaran dari korporasi Bill Gates. Mendengar nama Bill Gates pasti Anda sudah mengetahuinya. Aplikasi ini sangat popular di kalangan masyarakat Indonesia, dengan terus dinikmati dari versi terdahulu hingga versi sekarang. Penyempurnaan fitur dan fungsi yang terus dikembangkan oleh Microsoft Corporation membuat aplikasi ini semakin canggih dan semakin memudahkan penggunanya dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Dengan adanya aplikasi ini Anda dapat membuat beberapa lembar kerja, laporan pekerjaan sehari-hari, bahkan dapat membuat struk kasir. Untuk pembuatan struk kasir tentunya Anda masih belum mengetahui langkah-langkah pembuatannya.

Pada pembahasan kali ini, akan membahas cara pembuatan format percetakan penjualan pakaian (struk kasir) dimana Anda hanya perlu memasukkan kode barang , jumlah barang dan nama barang. Harga barang, hasil penjualan bahkan diskon akan otomatis terhitung menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Agar lebih paham, simak langkah-langkah berikut.

Langkah pertama, bukalah aplikasi Microsoft excel lalu buatlah table.

Langkah kedua, buat table dengan data nama barang dan harga, ketentuan diskon sebagai referensi seperti gambar dibawah ini.

Langkah ketiga, buatlah table struk penjualan pada sheet penjualan.

Langkah keempat, masukkan rumus

  • Nama Barang

Pada sel nama barang (C5) masukkan syntax rumus VLOOKUP sebagai berikut,

=VLOOKUP(B5;Data!$B$4:$D$7;2;FALSE)

Keterangan:

Vlookup dengan nilai false karena bersifat tetap sesuai dengan data referensi dan gunakan absolute $ supaya ketika di drag

  • Harga Satuan

Pada sel D5 atau Harga satuan, masukkan syntax rumus VLOOKUP excel sebgai berikut,

=VLOOKUP(B5;Data!$B$4:$D$7;3;FALSE)

Keterangan;

Sama persis dengan nama barang, perbedaanya hanya terdapat pada letak kolom 3

  • Total Harga

Pada sel F5 (sel Total Harga) masukkan syntax seperti berikut, =D5*E5

Keterangan:

Total harga = harga satuan dikalikan dengan jumlah barang

  • Jumlah Harga

Pada sel F10 masukkan rumus syntax sebagai berikut, =SUM(F5:F8)

Keterangan:

Total dari semua harga barang setelah dikalikan dengan harga satuan

  • Diskon

Masukkan rumus syntax =VLOOKUP(F10;Data!F4:G7;2;TRUE) pada sel F11

Keterangan:

Vlookup dengan nilau tru karena diskon bersifat berubah-ubah sesuai hasil pembelian.

  • Pembayaran

Masukkan syntax seperti berikut, =F10-((F10*F11)/100)

Keterangan:

Pembayaran = jumlah – diskon

Langkah kelima, gunakan format cell currency pilih rupiah (Rp) untuk memberikan hasil mata uang rupiah paada sel total harga.

Langkah keenam, untuk mempercepat hasil penyelesaian arahkan mouse pointer sampai berubah tanda +, kemudian tinggal di drag kebawah, seperti gambar table dibawah.

Pada table diatas terdapat suatu kekurangan yaitu data penjualan barang (kode barang) harus terisi semua karena jika ada yang ksoong maka akan muncul pesan kesalahan seperti (#DIV/0. #VALUE, #N/A) maka untuk mengatasi permasalahan tersebut Anda dapat menggunakan fungsi IFERROR.

Semoga pembahasan diatas dapat menambah wawasan dan mempermudahkan Anda dalam menerapkan fungsi excel dalam kehidupan sehari-hari.