Dana desa menjadi salah satu sumber anggaran tambahan untuk membangun desa agar lebih produktif. Dengan tata kelola yang baik tentu saja upaya untuk menjadikan desa-desa yang sejahtera serta mandiri bukan hal yang tidak mungkin lagi.

Pembangunan desa menjadi sebuah komitmen pemerintah agar bisa menghadirkan pemerataan ekonomi berkeadilan. Oleh sebab itu tahun demi tahun jumlah dana ini semakin ditingkatkan, selain itu masyarakat adat juga diberi akses kesejahteraan.

Pemerintah juga terus memastikan jika desa bisa menjadi penopang utama pelayanan dan penggerak perekonomian. Beberapa desa nyatanya dapat memanfaatkan pemberian anggaran ini dengan begitu baik.

Contoh Pemanfaatan Dana Desa di Daerah

Berikut berbagai macam contoh penggunaan dana untuk desa di berbagai macam daerah, antara lain:

  1. Desa Karamatwangi

Desa Keramatwangi dulunya memiliki keterbatasan mengakses sumber air, hingga akhirnya desa ini berjuang untuk kemandirian di tahun 2015 dan membangun penampungan air agar bisa menanggulangi krisis air bersih.

Desa ini berlokasi di Cisurupan, Garut, Jawa Barat. Bukan hanya mendorong warga yang sulit air, namun pengelolaan air di daerah ini juga memberi pemasukan desa.

  1. Desa Karanglo Klaten

Salah satu warga dessa Karanglo Klaten, Jawa Tengah mampu mengubah sampah menjadi berkah. Sampah-sampah diubah menjadi kerajinan manik-manik. Sampah-sampah ini berasal dari Bank Sampah Rukun Santosa.

  1. Desa Wanagiri

Desa Wanagiri memiliki ekowisata hutan desa. Desa ini berlokasi di Sukasada, Buleleng. Air terjun di daerah ini menjadi icon ekowisata desa. Hutan desa ini juga menjadi ruang pamer jika hutan desa di Bali memiliki potensi wisata sendiri.

Rekomendasi Penggunaan Dana Desa yang Bersifat Positif

Penggunaan dana untuk pembangunan desa ini memang harus dilakukan dengan hati-hati, sesuai dengan perencanaan. Salah satu pilihan penggunaan dana untuk desa yang produktif adalah pembuatan pompa air.

Air menjadi salah satu kebutuhan masyarakat yang harus dipenuhi. Namun, jika dibandingkan dengan pompa biasa, pompa air tenaga surya lebih direkomendasikan. Pompa air dengan menggunakan tenaga surya memiliki biaya perawatan yang lebih rendah, selain itu pompa air tenaga surya juga lebih hemat energi.

Sanspower menjadi salah satu penyedia layanan pompa air tenaga surya yang dapat dijadikan sebagai pilihan. Kami bergerak di bidang energi terbarukan, kami terus menerus berkembang memberi kontribusi pada bidang terbarukan.

Kami sudah dipercaya melakukan pemasangan pompa air tenaga surya di berbagai macam daerah dan menjalin kerjasama dengan pemerintah, swasta hingga lembaga non profit, bahkan hingga tahun 2021 ini, kami sudah memasang lebih dari 300 sistem di seluruh penjuru Indonesia.

Untuk mendapatkan pilihan pompa air tenaga surya terbaik, Anda bisa segera menghubungi customer service kami dan dapatkan informasi penggunaan dana desa yang lebih produktif.