Semakin meningkatnya trend belanja secara online di Indonesia akhir akhir ini telah membuka peluang bagi kita untuk menjadi pemasok barang barang yang dijual belikan secara online tersebut. Salah satu sumber barang dagangan yang bisa ambil adalah dari negara China. Seperti kita ketahui, China telah menjadi sumber atau produsen barang barang unik, kreatif dengan harga yang relatif murah. Lalu bagaimana cara impor barang dari China?. Yuk kita simak postingan kali ini.

Kenapa dari China ?

Seperti dijelaskan diatas, saat ini China telah menjadi produsen barang unik, kreatif dan murah yang telah menguasai dunia termasuk Indonesia. Lihat saja, barang barang disekitar kita, akan banyak kita temukan barang barang kebutuhan sehari hari yang kita gunakan berasal dari sana. Dari China kita bisa mendapatkan barang barang yang bisa kita jadikan barang dagangan dan dijual di marketplace di Indonesia.

Dimana membeli barang China ?

Ada banyak situs yang menawarkan barang barang buatan China yang bisa kita manfaatkan. Mulai dari web berbahasa Inggris, hingga web berbahasa mandarin, seperti :

  1. Aliexpress
  2. Alibaba
  3. Dhgate
  4. Banggood
  5. 1688
  6. Tmall
  7. Dealextreme
  8. Taobao, dan lain lain

Bagaimana metode pembayarannya ?

Beberapa metode pembayaran yang digunakan dalam cara impor barang dari China, diantaranya adalah :

  1. Menggunakan kartu kredit / kartu debit
  2. Transfer Bank
  3. Paypal
  4. Allipay
  5. Western Union
  6. Melalui minimarket dan lain lain

Bagaimana cara pengiriman barang dari China ?

Setidaknya ada dua metode pengiriman barang dari China, yaitu :

  1. Metode pengiriman langsung

Dalam metode ini, artinya kita membeli barang dan penjual langsung mengirim barang ke Indonesia, ke alamat kita. Metide pengiriman yang dipakai adalah melalui kantor pos, melalui perusahaan jasa titipan selain pos, seperti DHL, Fedex, UPS, Aramex, TNT dan sebagainya

  1. Metode pengiriman dengan skema forwarder

Berbeda dengan pengiriman barang secara langsung, maka pengiriman barang melalui skema forwarder ini artinya kita membeli barang di China dan menggunakan bantuan jasa forwarder untuk mengirimkan barang ke Indonesia.

Forwarder adalah sebuah jasa atau perusahaan yang beroperasi pada bidang pengiriman barang antar negara. Jadi jika kita membeli barang dan mengirim barang dari China, maka kita akan menggunakan bantuan jasa forwarder yang melayani pengiriman barang dari China ke Indonesia ( Jakarta, Surabaya, dan lain lain ).

Untuk forwarder sendiri dibagi menjadi dua, yaitu :

  1. Forwarder udara, dimana proses pengiriman barangnya menggunakan angkutan melalui pesawat udara
  2. Forwarder laut, dimana proses pengiriman barangnya menggunakan angkutan melalui kapal laut

Demikianlah beberapa hal singkat yang perlu diketahui jika kita ingin mencoba cara impor barang dari China, yang menciptakan peluang besar bagi kita. Semoga bermanfaat.