Canon EOS R6 adalah kamera mirrorless full frame terbaru dengan fitur melimpah. Sebut saja sensor full-frame dengan RF mount. Stabilizer di sensor kameranya dan fitur video yang lengkap. Saat ini fungsi sebuah kamera tidak hanya untuk mengambil foto, tren vlogging di sosial media seperti YouTube dan Instagram membuat konten video semakin banyak dibuat.

Ukurannya cukup kompak dan ringan dengan dimensi: 138 x 97.5 x 88.4 mm dan berat 680 gram sudah termasuk baterai dan kartu memori. Ditambah lagi layarnya bisa dibuat menghadap ke depan, sangat cocok untuk Anda yang ingin menggunakan kamera ini untuk vlogging.

Secara kasat mata, Canon R6 terlihat seperti kamera DSLR. Padahal ini adalah kamera mirrorless dengan 20 MP full-frame CMOS sensor. Prosesor yang digunakan adalah DIGIC X membuat kamera ini bisa mengambil foto dengan kecepatan 12fps. Sangat cocok untuk fotografer yang tidak ingin ketinggalan momen berharga yang mungkin berlalu begitu cepat.

Canon EOS R6 mempunyai 5-axis image stablilization. Fitur ini sangat berguna untuk pengambilan foto di tempat yang kurang pencahayaannya. Sebagaimana yang umum diketahui, mengambil foto di tempat yang gelap/redup rentan dengan hasil foto yang blur dan tidak fokus. Hal ini terjadi karena kamera menggunakan setting ISO terendah dengan kecepatan shutter yang cepat. Jika hal ini tidak diimbangi dengan kestabilan saat memegang kamera, maka hasil foto akan buruk. Disinilah peran image stabilization yang bisa membuat hasil foto tetap jelas dan jernih.

Bicara tentang hasil foto yang jelas, maka Canon EOS R6 telah dilengkapi dengan Dual Pixel CMOS AF yang mempunyai fitur cepat dan pintar dalam melakukan autofokus. Ada 1.053 titik fokus yang bisa dipilih. EOS R6 juga dilengkapi dengan teknologi Deep Learning yang bisa mendeteksi objek foto seperti mata dan wajah. Objek bergerak bisa difoto dengan cepat dan fokus dengan fitur shutter mekanik sampai dengan kecepatan 12fps, atau jika ingin lebih cepat bisa menggunakan shutter elektronik hingga 20fps.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, penggunaan kamera tidak hanya untuk mengambil foto. Canon EOS R6 memiliki fitur lengkap untuk video. Kemampuan kamera ini bisa merekam video hingga resolusi 4K sampai kecepatan 60fps dan resolusi Full HD dengan kecepatan 120fps. Kualitas video tentu tidak diragukan lagi dengan fitur telah disebutkan di atas. Untuk audio, terdapat slot microphone dan headphone untuk kualitas audio yang lebih menggunakan microphone eksternal dan headphone eksternal untuk memonitor kualitas suara saat perekaman sedang berlangsung.

Canon EOS R6 mempunyai layar sentuh LCD 3 inci yang bisa diputar berbagai sudut. Cocok untuk vlogger atau fotografer yang ingin mengambil foto dari sudut yang tidak biasa. Terdapat juga 2 slot kartu memori, jadi tidak perlu lagi khawatir dengan keterbatasan penyimpanan saat ingin mengambil foto dan video yang banyak.

Fitur yang tidak kalah penting dari Canon EOS R6 adalah Wi-Fi dan Bluetooth. Koneksi Wi-Fi 2.4 Ghz sangat berguna untuk memindahkan file foto atau video langsung ke ponsel tanpa harus mengeluarkan kartu memori. Sedangkan Bluetooth bisa membantu koneksi melalui aplikasi Canon.

Bodi Canon EOS R6 mendapatkan penyempurnaan dari segi desain, tidak hanya membuatnya mudah digenggam seperti kamera DSLR, tetapi juga fitur navigasi seperti joystick di bagian belakang kamera yang memudahkan pilihan fokus dan pemilihan menu.

Tidak hanya itu, EOS R6 didesain tahan terhadap penggunaan luar ruangan, jadi Anda tidak perlu khawatir karena kamera ini didesain tangguh. Anda bisa mendapatkan kamera ini mulai dari harga Rp 42.000.000 di Blibli.com, mengingat harganya yang tinggi maka jangan asal pilih toko online. Blibli.com adalah toko online terpercaya yang menyediakan pilihan produk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *