Monetisasi adalah salah satu metode untuk kita bisa menghasilkan uang dari beberapa cara seperti blog atau yang lainnya. Tapi mungkin tidak banyak orang yang tahu sebenarnya arti dari monetisasi sendiri sebenarnya apa dan bagaimana cara monetisasi. Oleh karena itulah pada kesempatan ini kami akan jelaskan apa sih sebenarnya monetisasi itu dan juga konsepnya.

Pengertian Monetisasi

Istilah dari monetisasi sendiri sebenarnya bisa berbeda tergantung dari konteks dari penggunaan kata monetisasi itu sendiri. Sebagai contoh Bank Indonesia pun memiliki program monetisasi, jadi bisa monetisasi utang dengan membeli obligasi pemerintah untuk dialokasikan ke kesehatan. Sementara untuk sosial media atau blog itu berarti monetisasi akan bisa memberikan pemilik sosial media uang dari monetisasi tersebut.

Dari konteks sosial media dan blog sendiri berarti, monetisasi sendiri adalah sebuah program untuk bisa menghasilkan uang dari blog atau sosial media. Dan biasanya skema yang digunakan adalah dengan menggunakan iklan yang masuk pada blog atau sosial media untuk mendapat uang. Dan itulah yang menjadi arti dari monetisasi dari sebuah blog atau media sosial.

Di masa sekarang ada banyak sekali orang yang melakukan monetisasi dengan sosial media dan juga blog mereka. Ini karena keuntungan atau penghasilan yang sangat menggiurkan yang bahkan tidak selalu membutuhkan modal yang cukup besar. Meskipun memang untuk memulainya itu bukan hal yang mudah.

Apa Saja yang Bisa Untuk Monetisasi?

Monetisasi artinya adalah memanfaatkan platform untuk bisa menghasilkan uang dari iklan yang terpasang pada platform tersebut. Dan sekarang ini sudah ada beberapa hal yang bisa dimanfaatkan untuk monetisasi, dan kita harus tahu apa saja yang bisa dimonetisasi. Dan berikut ini kami akan informasikan apa saja yang bisa dimonetisasi.

  1. Youtube

Salah satu yang bisa untuk monetisasi itu adalah Youtube, ini adalah platform untuk kita membuat konten video yang menarik. Kita bisa menghasilkan uang dari Youtube dengan melakukan monetisasi ke Google Adsense, di mana penghasilannya pun sangat besar. Berikut ini persyaratan untuk akun Youtube itu bisa monetisasi.

  1. Kalian harus memiliki konten yang menarik dan original bukan mengambil video orang lain.
  2. Harus memiliki subscriber lebih dari 1000
  3. Jam tayang pada akun Youtube yang merupakan akumulasi dari semua video yakni 4000 jam tayang
  4. Blog

Lalu konten kedua adalah blog, kalian bisa memanfaatkan blog untuk monetisasi dan mendapatkan uang dari sana. Namun tentunya bukan hal mudah juga ya untuk bisa masuk dan juga terdaftar pada monetisasi untuk blog tersebut. Jadi persyaratan monetisasi blog adalah hal yang penting untuk diketahui, dan berikut ini kami akan informasikan.

  1. Konten yang dimiliki harus original bukan plagiat dan juga harus cukup menarik dan bisa memberikan manfaat
  2. Memiliki traffic yang tinggi, paling tidak membutuhkan 1000 pengunjung unik setiap harinya untuk monetisasi.
  3. Tidak memiliki konten ilegal atau konten dewasa atau juga konten berbau SARA, judi dan lain sebagainya.

Tips Monetisasi

Dalam melakukan monetisasi sendiri memang bukan hal yang mudah, kita perlu melakukan beberapa hal untuk bisa mengembangkan sampai monetisasi. Jadi langkah monetisasi adalah hal yang penting dan harus dipelajari supaya kita bisa monetisasi, berikut ini tipsnya.

  1. Menjaga konten tetap original dan juga menarik

Memanfaatkan SEO friendly agar supaya lebih mudah masuk pencarian Google.