Lingkaran hitam dibawah mata sering disebut juga dengan mata panda. Mata panda bisa dialami pada usia berapapun. Mata panda sering terjadi dikarenakan berbagai faktor, faktor utama yang menyebabkan terjadinya mata panda dikarenakan sering kelelahan atau kurang tidur.

Meski mata panda tidak berbahaya, tetapi masalah ini dapat membuat penampilan menjadi tidak menawan bahkan sering mengganggu rasa percaya diri bagi yang mengalaminya. Kondisi tersebut dapat dialami dikarenakan terjadinya penuaan dan berkurangnya jumlah kolagen di sekitar area mata, sehingga kelopak mata terlihat kendur seperti kantong. Hal ini yang membuat semua orang menamainya mata panda.

Mata panda yang dibiarkan terus menerus dapat menyebabkan pembengkakan ringan, yang tentu membuat wajah tidak nyaman untuk dipandang. Masalah ini bagi kaum hawa merupakan salah satu masalah besar yang menghambat kecantikan paripurna.

Sebelum mengetahui cara mengatasi mata panda, Anda perlu mengetahui penyebab munculnya masalah ini. Untuk lebih lengkapnya simak penjelasan berikut.

Selain disebabkan karena faktor kelelahan dan kurang tidur, mata panda juga disebabkan oleh faktor lain. Mata panda juga dapat disebabkan oleh peningkatan jumlah melanin di kulit sekitar mata yang diakibatkan oleh radiasi sinar UV yang berlebihan.

Faktor lainnya seperti faktor stress, terjadinya peradangan, dehidrasi, faktor genetik, kebiasaan merokok, mengkonsumsi alkohol, alergi, serta terjadinya penumpukan cairan di sekitar mata yang disebabkan oleh perubahan hormonal atau kelebihan mengkonsumsi garam. Untuk mengatasi masalah mata panda, Anda dapat melakukan beberapa langkah berikut ini.

  1. Perbaiki pola tidur

Faktor utama terjadinya mata panda disebabkan oleh kelelahan dan kurang tidur. Anda dapat memulai langkah awal dengan memperbaiki pola tidur. Dengan tidur kurang lebih 8-9 jam setiap malamnya akan membuat tubuh merasa rileks dan bugar, otot-otot mata juga rileks, serta dapat meregenerasi sel kolagen di sekitar area mata. Posisi tidur dengan posisi kepala sedikit terangkat dengan menopang kepala dapat mencegah penumpukan cairan yang berlebih di sekitar mata saat tidur.

  1. Hindari rokok, minuman berkafein, dan alkohol

Minuman berkafein dan beralkohol dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi ringan, mengganggu jam tidur dikarenakan membuat jantung berdebar, serta dapat menimbulkan kantong mata dan lingkaran hitam di sekitar mata tampak lebih jelas. Asap rokok serta mengkonsumsi rokok juga dapat membuat wajah terpapar polusi, sehingga kantong mata lebih jelas.

  1. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Cairan tubuh yang terpenuhi dapat menekan proses dehidrasi pada kulit, yang dapat menghilangkan mata panda.

  1. Cukupi asupan kalium

Mengkonsumsi makanan mengandung kalium seperti pisang, sayuran hijau, kacang, serta yoghurt dapat menjadi solusi untuk mengurangi kantong mata.

  1. Gunakan krim

Anda dapat menggunakan krim khusus untuk menghilangkan mata panda. Salah satu krim yang ampuh untuk menghilangkan masalah tersebut adalah eye dark circle cream dari MS Glow. Krim ini diformulasikan khusus untuk mengatasi keluhan mata panda Anda.

Dengan 5 bahan khusus seperti ekstrak apel yang berfungsi melembabkan kulit, ekstrak lidah buaya sebagai anti ruam, collagen serta ethylhexyl palmiate sebagai bahan yang menutrisi kulit serta menjaga elastisitas turgor kulit, paentaerythrityl tetraisostearate yang berfungsi sebagai rehidrasi kulit, hydroxypropyl methylcellulose, pullulan, ekstrak prophyridium cruentum sebagai anti aging dan pencerah wajah.

Untuk mendapatkan krim tersebut Anda dapat membelinya di website resmi MS Glow yaitu msglowbeauty.id.

Semoga tips diatas bermanfaat, dan mata panda segera hilang dari wajah Anda. Selamat mencoba.