Kenyamanan saat mengendarai mobil ditentukan dengan berbagai faktor mulai dari kondisi mesin yang baik hingga AC mobil yang sejuk. Udara yang sejuk dibutuhkan oleh para pengendara mobil apalagi jika di musim kemarau seperti saat ini, sehingga perawatan AC rutin dilakukan agar bekerja secara optimal. Meskipun sering dilakukan perawatan, masih banyak pengendara mobil tidak menyadari hal-hal sepele yang justru membuat AC tidak sejuk. Penasaran bukan, hal-hal sepele apa saja? Berikut hal-hal sepele yang wajib Anda hindari agar AC tetap sejuk.

1. Asal parkir.

Hal sepele pertama adalah asal parkir. Antrean yang panjang serta lahan parkir yang penuh tentu membuat Anda kadang merasa malas mencari tempat parkir yang teduh. Seringkali Anda memarkirkan mobil di tempat terbuka dan panas. Kebiasan seperti ini tanpa disadari dapat merusak AC mobil Anda. Tempat yang panas dapat membuat kabin panas, sehingga pada saat Anda menyalakan AC, udara di dalam mobil Anda tidak sejuk dan dingin. Butuh waktu yang cukup lama.

2. Makan dan minum di dalam mobil.

Makan dan minum di dalam mobil mungkin sudah menjadi hal yang biasa bagi kebanyakan pengguna mobil. Kebiasaan seperti ini memang tidak ada larangannya, tetapi kebiasaan ini dapat menimbulkan masalah pada AC mobil. Tumpahan makanan dan minuman ke kepala AC dapat mengakibatkan penyumbatan pada AC, serta menimbulkan bau. Penyumbatan serta bau AC yang tidak enak dapat mengganggu kenyamanan Anda saat berkendara.

3. Merokok di dalam mobil.

Selain berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, merokok di dalam mobil dapat membuat AC tidak sejuk, bahkan menimbulkan kerusakan AC bila dilakukan terus-menerus. Asap rokok yang mengering dapat menimbulkan gumpalan yang menyumbat sirkulasi udara untuk keluar. Selain terjadi penyumbatan, gumpalan asap rokok dapat menyebabkan saluran AC mengalami korosi dan kebocoran. Asap rokok yang masuk ke freon juga dapat menybabkan udara dalam mobil pengap dan tidak sejuk.

4. Sering membuka kaca mobil

Sering membuka kaca mobil ternyata dapat berdampak buruk bagi kinerja AC mobil Anda. Kondisi seperti ini sering dilakukan bahkan dianggap sepele. Kegiatan membuka kaca mobil sering dilakukan beberapa orang ketika tiba-tiba bertemu teman, dan merokok saat mengendarai mobil.
Hal sepele seperti ini justru menimbulkan sumbatan saluran AC karena banyaknya kotoran serta debu yang masuk. Selain itu, udara panas dari luar juga terbawa masuk ke dalam sehingga mengurangi kesejukan AC.

Bikin kaget bukan? Ternyata hal-hal sepele diatas dapat membuat AC mobil Anda tidak sejuk bahkan sampai merusak kinerja AC. Selain menghindari kebiasaan tersebut, Anda dapat melakukan servis secara berkala seperti mengganti selang AC, evaporator, dan lain sebagainya. Jika Anda sedang mencari AC mobil korea, serta onderdil AC mobil lainnya, Anda dapat mengunjungi MobilKoreaPart.com. Karena di situs tersebut menyediakan berbagai keperluan perawatan AC mobil yang Anda butuhkan.