bahan dasar kulit sepatu

Saat ini hadir berbagai jenis sepatu yang terbuat tidak hanya dari kulit saja melainkan bahan dasar lainnya sehingga memberikan ragam pilihan menarik bagi para penggemar sepatu. Meski sepatu berbahan dasar kulit masih menjadi peringkat teratas pencarian sepatu dan merupakan jenis sepatu yang paling banyak dibeli, sepatu berbahan dasar lainnya tetap tak kalah peminat seperti 9 bahan dasar kulit sepatu yang akan dibahas berikut ini.

1. Bahan dasar kain

Dulu, mungkin sepatu jenis ini kurang diminati orang karena kurang awet dan tidak kokoh layaknya sepatu kulit pada umumnya. Namun zaman sekarang sepatu berbahan dasar kain ini makin diminati karena hadir dengan bentuk dan warna warni yang lucu sehingga membuat penampilan Anda makin segar.

2. Bahan dasar canvas

Sebenarnya bahan canvas juga termasuk ke dalam bahan dasar kain meski tekstur canvas yang lebih kaku dan memiliki serat besar membuatnya lebih kokoh. Bahan dasar canvas merupakan pilihan menarik yang digunakan sebagai bahan sepatu karena mudah digambar dan dilukis dengan aneka gambar yang menarik hati.

3. Bahan dasar karet

Belakangan, setelah sempat hilang dari peredaran, nama bahan sepatu kain mulai kembali diminati orang. Hal ini tak dapat dipungkiri karena sepatu berbahan dasar kain sesungguhnya memiliki ketahanan yang lebih lama dan juga kuat karena anti air.

4. Bahan dasar denim

Selain canvas, bahan dasar denim juga pada dasarnya masuk ke dalam jenis sepatu kain meski bahan ini lebih kaku dan kokoh dari kain pada umumnya. Denim yang merupakan nama lain dari jeans ini diminati oleh mereka yang suka tampil kasual dan santai pada berbagai kesempatan.

5. Bahan dasar PVC

Salah satu bahan dasar kulit sintetis ini adalah bahan pertama yang dibuat oleh manusia sebagai alternatif pengganti kulit sepatu asli. Kulit yang terdiri dari dua lapisan yaitu lapisan dasar dan lapisan aditif ini membuat sepatu yang dihasilkan lebih mengkilap dan terlihat licin.

6. Bahan dasar PU

Layaknya material dasar PVC, bahan kulit sepatu PU merupakan kulit sintetis yang diciptakan manusia untuk menggantikan keberadaan kulit asli dalam produksi sepatu berkualitas. PU juga memiliki dua lapisan, dasar dan aditif, bedanya pada lapisan aditif digunakan kulit yang lebih lentur sehingga membuat bahan ini lebih nyaman digunakan dan harganya pun lebih mahal.

7. Bahan dasar pathent leather

Jika sekilas Anda melihat bahan dasar satu ini mungkin akan mengira bahwa ini adalah bahan dasar kulit sepatu sintetis karena tampak licin dan mengkilap. Faktanya bahan pathent leather adalah bahan dasar kulit asli yang ditambahkan lapisan acrylic di atasnya pada proses finishing.

8. Bahan dasar suede leather

Bahan dasar kulit asli ini melewati proses yang berbeda dengan bahan dasar kulit asli lainnya di mana kulit bagian dalam justru yang mengalami pemrosesan. Kulit suede juga dikenal sebagai bahan kulit asli yang lembut dan lentur sehingga sering disebut sebagai kulit beludru.

9. Bahan dasar finish leather

Bisa dibilang bahan dasar satu ini merupakan bahan kulit asli yang minim proses dan modifikasi sehingga bisa dikatakan kulit yang dihasilkan untuk membuat sepatu ini memiliki tekstur dan karakteristik yang hampir sama persis dengan kulit aslinya.

10. Bahan dasar pull up leather

Terakhir, bahan dasar kulit asli untuk sepatu ini merupakan kulit finish leather yang mengalami pemrosesan lebih lanjut dengan cara dimelarkan atau stretching.

Itulah tadi 10 bahan dasar yang digunakan untuk membuat sepatu-sepatu berkualitas yang mungkin saja berguna untuk Anda. Jika Anda menginginkan sepatu wanita berbahan kulit asli yang berkualitas ataupun sepatu denim yang nyaman, kunjungi saja Blibli.com dan dapatkan penawaran harga terbaik setiap harinya.